Struktur Dasar Penulisan Css


Halo sahabat berjumpa lagi. pada artikel saya kali ini akan melanjutkan bahasan lanjutan tentang Css. Dalam bahasan kali ini saya akan membahas tentang struktur dasar penulisan Css. Setelah mengetahui beberapa pengertian menurut ahli tentang Css dalam bahasan Tutorial Belajar Css Dasar sekarang kita lanjutkan bahasan kita ke struktur dasar penulisan Css.  Jadi bagaimana sih struktur dasar penulisan Css ini sahabat.

Oke setiap bahasa mempunyai struktur atau sistem (kurang lebih seperti itu ). Sama seperti bahasa lain, Css juga terdapat sistem dasar penulisan .  Dalam bahasan Struktur dasar penulisan Css ini saya akan paparkan tentang bagaimana css bekerja melakukan tugasnya dalam mempercantik laman website.

Dalam sebuah website dinamis ada 4 buah komponen pembentuk yaitu HTML, CSS, PHP, dan database. Fungsi dari masing -masing komponen tesebut adalah

  • Html


Html membentuk sebuah kerangka. Ya kerangka seperti membuat rumah pasti ada kerangkayang terbuat dari kayu dan bata itu. Ntar deh HTML dikupas di bahasannya sendiri ya.

  • CSS

Css berguna untuk mempercantik halaman asumsikanlagi ke pembuatan rumah ya. Cat kalian tahu tentang catkah ? apabila kalian telah beres membuat rumah ya di cat biarlebih nyaman lebih indah.

  • PHP

PHP kepanjangan dari Hypertext Prepocessor bahasa pemrograman ini di buat oleh rasmus lerdrof. Php berfungsi sebagai pemroses data. data biasanya datang dari database. PHP akan di bahas dalam kategori PHP asli saya nggak PHP hee

  • Database

Data dasar kurang lebih seperti itu arti dari database. Data sendiri berarti informasi yang belum di olah. Jadi database itu data mentah. Cukuplah ya database akan dibahas dalam kategori database.


Struktur dasar penulisan Css


Jadi secara simplenya seperti ini selector itu adalah apa yang akan kita ubah (percantik), sedangkan propertis itu detail ari apa yang akan kita ubah dan value itu nilai nya. Biar lebih jelas saya asumsikan ke pintu saja ya.

Selector itu adalah pintu itu sendiri. Propertis itu saya misalkan sebagai gagang pintu atau pegangan pintu. Nah value saya asumsikan sebagai seperti apa kita mau mempercantik pegangan pintu tersebut misalkan dikasih warna merah atau lainnya.

Di bawah ini saya kasih contoh nya langsung dengan file htmlnya ya biar bisa keliatan gitu hee..

Struktur dasar penulisan Css

Gambar di atas menunjukan file html pure tanpa adanya sentuhan style css. bisadilihat strukturnya ada tag html, head, title, body dan h1. Tag tag itu insyaAllahakan saya jelaskan pada postingan selanjutnya tentang HTML.

Struktur dasar penulisan Css

Perhatikan script yangsaya tandai dengan kotak hijau. Script itu adalah script css yang berfungsi merubah tag h1 html dengan value atau nilai red. Jelasnya seperti ini H1 adalah selector, Color adalah propertis, Red merupakan value nya. Penulisan script css diatas merupakan teknik penulisan inline Css. 


Nah segitu dulu ya tentang struktur dasar penulisan css untuk strukturnya seperti itu  ya. Untuk pembahasan selanjutnya insyaAllah saya akanmengisikategori html dulu karena ya css tanpa html hampa haa


Mudah mudahan bermanfaat terima kasih.. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Struktur Dasar Penulisan Css"

Post a Comment